RPP

 Berikut adalah contoh kurikulum Merdeka Belajar dengan diferensiasi pada mata pelajaran gambar teknik:

Kelas 10

  • Pemahaman dasar gambar teknik
  • Teknik dasar menggambar dengan tangan
  • Pengenalan peralatan dan bahan gambar teknik
  • Perspektif dan proporsi dalam gambar teknik
  • Teknik menggambar dengan software komputer

Kelas 11

  • Teknik menggambar tiga dimensi
  • Rancangan dan desain produk sederhana
  • Penggunaan software CAD (Computer-Aided Design) dalam gambar teknik
  • Teknik rendering untuk gambar teknik
  • Pemahaman teknik gambar teknik untuk industri dan manufaktur

Kelas 12

  • Teknik gambar teknik tingkat lanjut
  • Pemahaman teknik animasi dalam gambar teknik
  • Penggunaan software 3D modeling
  • Pemahaman tentang penggunaan gambar teknik dalam pembuatan prototype
  • Pemahaman tentang gambar teknik dalam industri kreatif

Dalam kurikulum ini, mata pelajaran gambar teknik didiferensiasikan dengan memberikan materi yang lebih lanjut untuk kelas 11 dan 12. Pada kelas 10, siswa mempelajari dasar-dasar gambar teknik dan teknik menggambar dengan tangan dan komputer. Pada kelas 11, siswa mempelajari teknik menggambar tiga dimensi, rancangan dan desain produk sederhana, serta penggunaan software CAD dan teknik rendering. Pada kelas 12, siswa mempelajari teknik gambar teknik tingkat lanjut, penggunaan software 3D modeling, penggunaan gambar teknik dalam pembuatan prototype, dan penggunaan gambar teknik dalam industri kreatif.

Dengan kurikulum yang diferensiasi ini, siswa dapat memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam gambar teknik seiring dengan bertambahnya usia dan kelas mereka. Kurikulum ini juga dapat memberikan siswa pilihan untuk mengambil jurusan teknik atau industri kreatif di perguruan tinggi atau memilih karir di bidang tersebut setelah lulus dari sekolah menengah

Berikut adalah contoh kurikulum Merdeka Belajar dengan diferensiasi pada mata pelajaran teknik dasar otomotif:

Kelas 10

  • Pemahaman dasar teknik otomotif
  • Sistem bahan bakar dan pelumasan mesin
  • Pemeliharaan dan perawatan kendaraan
  • Dasar-dasar sistem kelistrikan pada kendaraan
  • Keselamatan dan keamanan dalam berkendara

Kelas 11

  • Teknik memperbaiki sistem kelistrikan pada kendaraan
  • Sistem transmisi dan kopling pada kendaraan
  • Teknik memperbaiki sistem rem pada kendaraan
  • Teknik memperbaiki sistem suspensi pada kendaraan
  • Teknik memperbaiki mesin pada kendaraan

Kelas 12

  • Teknik memperbaiki sistem pendingin pada kendaraan
  • Teknik memperbaiki sistem kemudi pada kendaraan
  • Teknik memperbaiki sistem emisi pada kendaraan
  • Teknik memperbaiki sistem pengapian pada kendaraan
  • Pengenalan dan aplikasi teknologi mutakhir pada kendaraan

Dalam kurikulum ini, mata pelajaran teknik dasar otomotif didiferensiasikan dengan memberikan materi yang lebih lanjut pada kelas 11 dan 12. Pada kelas 10, siswa mempelajari dasar-dasar teknik otomotif seperti sistem bahan bakar dan pelumasan mesin, pemeliharaan kendaraan, dasar-dasar sistem kelistrikan, serta keselamatan dan keamanan berkendara. Pada kelas 11, siswa mempelajari teknik memperbaiki sistem kelistrikan, transmisi, kopling, rem, dan suspensi pada kendaraan. Pada kelas 12, siswa mempelajari teknik memperbaiki sistem pendingin, kemudi, emisi, dan pengapian pada kendaraan serta pengenalan dan aplikasi teknologi mutakhir pada kendaraan.

Dengan kurikulum yang diferensiasi ini, siswa dapat memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam teknik dasar otomotif seiring dengan bertambahnya usia dan kelas mereka. Kurikulum ini juga dapat memberikan siswa pilihan untuk mengambil jurusan teknik otomotif di perguruan tinggi atau memilih karir di bidang tersebut setelah lulus dari sekolah menengah.

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

Sebagai AI Chatbot, saya dapat memberikan beberapa contoh saran dan bantuan untuk guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar, di antaranya:

  1. Memberikan sumber belajar yang beragam Sebagai guru, Anda dapat membantu siswa dalam mengakses berbagai sumber belajar seperti buku, video, atau artikel yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Anda juga dapat memberikan tugas-tugas yang dapat memotivasi siswa untuk mencari informasi tambahan di luar kelas.

  2. Memberikan ruang belajar yang terbuka Anda dapat memberikan ruang belajar yang terbuka untuk siswa, seperti diskusi kelompok, seminar, atau pertunjukan. Hal ini dapat membantu siswa untuk memperluas pemahaman mereka, meningkatkan keterampilan berkomunikasi, dan membangun keterampilan sosial.

  3. Memberikan feedback yang efektif Anda dapat memberikan feedback yang efektif kepada siswa dengan memberikan informasi yang jelas dan spesifik tentang prestasi mereka, serta memberikan saran yang berguna untuk memperbaiki keterampilan mereka. Hal ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka.

  4. Menerapkan teknologi pendidikan Anda dapat memanfaatkan teknologi pendidikan, seperti aplikasi pembelajaran online, multimedia, atau platform e-learning untuk membantu siswa dalam belajar mandiri dan meningkatkan kreativitas mereka.

  5. Menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa Anda dapat menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan dan minat siswa. Hal ini dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik dan memotivasi mereka dalam proses belajar.

  6. Menerapkan penilaian autentik Anda dapat menerapkan penilaian autentik, seperti tugas proyek, tugas praktik, atau presentasi, yang dapat memungkinkan siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka secara menyeluruh dan memberikan pengalaman belajar yang berarti



Berikut contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan pendekatan diferensiasi untuk mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif pada Kurikulum Merdeka Belajar.

Kelas : X TKJ 1 Mata Pelajaran : Teknik Dasar Otomotif Pertemuan : 1 Durasi : 2x45 Menit

A. Kompetensi Dasar

  1. Memahami prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan.
  2. Menerapkan prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Menjelaskan prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan.
  2. Melakukan perawatan dan perbaikan sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan.

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat memahami prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan.
  2. Siswa dapat menerapkan prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan.
  3. Siswa dapat melakukan perawatan dan perbaikan sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan.

D. Materi Pembelajaran

  1. Prinsip Kerja Sistem Transmisi Otomatis dan Manual pada Kendaraan.
  2. Perawatan dan Perbaikan Sistem Transmisi Otomatis dan Manual pada Kendaraan.

E. Metode Pembelajaran

  1. Diskusi Kelompok
  2. Praktik
  3. Presentasi

F. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan 1 (2x45 Menit)

  1. Pendahuluan (10 Menit) a. Guru memperkenalkan topik yang akan dibahas pada hari ini yaitu prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan. b. Guru memotivasi siswa dengan menjelaskan manfaat dari mempelajari topik tersebut.

  2. Penjelasan Materi (25 Menit) a. Guru menjelaskan prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan secara singkat. b. Guru memberikan contoh dan ilustrasi untuk memperjelas pemahaman siswa.

  3. Diskusi Kelompok (35 Menit) a. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. b. Setiap kelompok membahas prinsip kerja sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan dan mencari informasi tambahan melalui buku atau internet. c. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

  4. Evaluasi (15 Menit) a. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati sistem transmisi pada kendaraan yang mereka miliki di rumah. b. Siswa diminta untuk membuat laporan singkat tentang pengamatan mereka dan memberikan saran untuk perawatan sistem transmisi pada kendaraannya.

Pertemuan 2 (2x45 Menit)

  1. Pendahuluan (10 Menit) a. Guru mengingatkan siswa tentang topik yang akan dibahas hari ini, yaitu perawatan dan perbaikan sistem transmisi otom
kebonjeruk smk
lanjut

atis dan manual pada kendaraan. b. Guru menanyakan hasil pengamatan siswa dari tugas sebelumnya.

  1. Penjelasan Materi (25 Menit) a. Guru memberikan penjelasan tentang perawatan dan perbaikan sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan. b. Guru memberikan contoh dan ilustrasi untuk memperjelas pemahaman siswa.

  2. Praktik (60 Menit) a. Guru membagikan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk praktik perawatan dan perbaikan sistem transmisi otomatis dan manual pada kendaraan. b. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan melakukan praktik bersama-sama. c. Guru memberikan arahan dan bimbingan saat siswa melakukan praktik.

  3. Evaluasi (15 Menit) a. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat laporan singkat tentang praktik yang telah dilakukan. b. Siswa diminta untuk memberikan kesimpulan dari praktik yang telah dilakukan dan memberikan saran untuk perbaikan sistem transmisi pada kendaraan.

G. Penilaian

  1. Penilaian Proses a. Partisipasi siswa dalam diskusi kelompok. b. Keaktifan siswa saat praktik.
  2. Penilaian Hasil a. Tugas laporan pengamatan sistem transmisi pada kendaraan. b. Tugas laporan praktik perawatan dan perbaikan sistem transmisi pada kendaraan.

H. Sumber Belajar

  1. Buku panduan Teknik Dasar Otomotif.
  2. Video tutorial tentang perawatan dan perbaikan sistem transmisi pada kendaraan.
  3. Materi pembelajaran online dari situs-situs terpercaya.

Demikianlah contoh RPP dengan pendekatan diferensiasi untuk mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harapannya dengan menggunakan pendekatan diferensiasi, siswa dapat memahami materi dengan lebih baik dan terdapat kebebasan bagi guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk siswa

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama