pdto

 buatkan rpp pekerjaan dasar teknik otomotif

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah sebuah rencana yang dibuat oleh seorang guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan tujuan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Berikut ini adalah contoh RPP untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif.

Mata Pelajaran : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Tingkat Kelas : X (Sepuluh)

I. IDENTITAS A. Judul : Mengenal Bagian-bagian Mesin pada Kendaraan Bermotor B. Kelas / Semester : X / Ganjil C. Waktu : 2 x 45 menit

II. STANDAR KOMPETENSI Mampu menjelaskan prinsip kerja dan fungsi bagian-bagian mesin kendaraan bermotor.

III. KOMPETENSI DASAR 3.1. Mendeskripsikan prinsip kerja mesin kendaraan bermotor. 3.2. Menjelaskan fungsi bagian-bagian mesin kendaraan bermotor.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja mesin kendaraan bermotor.
  2. Siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian mesin kendaraan bermotor.
  3. Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian mesin kendaraan bermotor secara langsung.

V. STRATEGI PEMBELAJARAN A. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, observasi dan praktek langsung. B. Pendekatan : Saintifik

VI. MATERI PEMBELAJARAN A. Prinsip Kerja Mesin Kendaraan Bermotor

  1. Pengertian mesin kendaraan bermotor.
  2. Prinsip kerja mesin kendaraan bermotor.
  3. Jenis-jenis mesin kendaraan bermotor.
  4. Bagian-bagian utama mesin kendaraan bermotor.

B. Fungsi Bagian-bagian Mesin Kendaraan Bermotor

  1. Fungsi sistem pembakaran.
  2. Fungsi sistem pendingin.
  3. Fungsi sistem pelumasan.
  4. Fungsi sistem pengapian.
  5. Fungsi sistem bahan bakar.

VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

  1. Guru memperkenalkan diri dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa.
  2. Guru menjelaskan prinsip kerja mesin kendaraan bermotor dengan menggunakan media seperti gambar, video atau animasi.
  3. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tentang prinsip kerja mesin kendaraan bermotor.
  4. Guru menjelaskan bagian-bagian mesin kendaraan bermotor yang terdiri dari sistem pembakaran, sistem pendingin, sistem pelumasan, sistem pengapian, dan sistem bahan bakar.
  5. Siswa diminta untuk melakukan observasi dan mencatat bagian-bagian mesin kendaraan bermotor yang diperlihatkan oleh guru.
  6. Siswa melakukan praktek langsung dengan menunjukkan bagian-bagian mesin kendaraan bermotor secara langsung.

VIII. SUMBER

kebonjeruk smk
lanjut

IX. PENILAIAN A. Teknik Penilaian : Tes tulis dan praktek langsung B. Bentuk Penilaian :

  1. Tes tulis berupa pertanyaan singkat dan uraian tentang prinsip kerja dan fungsi bagian-bagian mesin kendaraan bermotor.
  2. Praktek langsung dengan menunjukkan bagian-bagian mesin kendaraan bermotor secara langsung. C. Instrumen Penilaian :
  3. Daftar pertanyaan tentang prinsip kerja dan fungsi bagian-bagian mesin kendaraan bermotor.
  4. Observasi dan lembar kerja tentang bagian-bagian mesin kendaraan bermotor.

X. SUMBER BELAJAR

  1. Buku teks mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
  2. Media pembelajaran seperti gambar, video atau animasi
  3. Kendaraan bermotor sebagai bahan observasi dan praktek langsung.

XI. PENUTUP A. Refleksi : Guru melakukan refleksi bersama siswa tentang pembelajaran yang telah dilakukan. B. Tugas : Siswa diberikan tugas untuk mencari informasi tentang perkembangan teknologi pada mesin kendaraan bermotor. C. Penutup : Guru menyampaikan pesan untuk memotivasi siswa untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan tentang teknik otomotif.

Demikianlah RPP Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dengan judul "Mengenal Bagian-bagian Mesin pada Kendaraan Bermotor" untuk kelas X semester ganjil. Semoga RPP ini dapat membantu para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

kebonjeruk smk
buatkan modul ajar pekerjaan teknik otomotif

Modul Ajar Pekerjaan Teknik Otomotif Mata Pelajaran : Pekerjaan Teknik Otomotif Kelas/Semester : X/Ganjil Alokasi Waktu : 8 Pertemuan

Kompetensi Dasar :

  1. Mengenal dan memahami prinsip kerja mesin kendaraan bermotor.
  2. Menjelaskan fungsi dan cara kerja komponen-komponen mesin kendaraan bermotor.
  3. Melakukan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor.

Indikator Pencapaian :

  1. Menjelaskan prinsip kerja mesin kendaraan bermotor secara singkat.
  2. Menjelaskan fungsi dan cara kerja komponen-komponen mesin kendaraan bermotor.
  3. Melakukan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor.

Tujuan Pembelajaran :

  1. Memahami prinsip kerja mesin kendaraan bermotor.
  2. Menjelaskan fungsi dan cara kerja komponen-komponen mesin kendaraan bermotor.
  3. Melakukan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor.

Materi Pembelajaran :

  1. Prinsip Kerja Mesin Kendaraan Bermotor
  2. Bagian-bagian Mesin Kendaraan Bermotor dan Fungsinya
  3. Perawatan dan Perbaikan Sederhana Mesin Kendaraan Bermotor

Langkah Pembelajaran :

  1. Pendahuluan
  • Guru memperkenalkan diri dan memberikan pengantar materi
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian
  1. Penjelasan Materi
  • Guru menjelaskan prinsip kerja mesin kendaraan bermotor secara singkat
  • Guru menjelaskan bagian-bagian mesin kendaraan bermotor dan fungsinya
  • Guru menjelaskan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor
  1. Kegiatan Pembelajaran
  • Siswa mempraktekkan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor dengan bimbingan guru
  • Siswa mempresentasikan hasil prakteknya kepada teman sekelas
  1. Evaluasi Pembelajaran
  • Guru memberikan tes tulis dan praktek langsung untuk mengevaluasi pemahaman siswa
  • Guru melakukan observasi selama kegiatan praktek siswa
  1. Penutup
  • Guru melakukan refleksi bersama siswa tentang pembelajaran yang telah dilakukan
  • Guru memberikan tugas untuk mencari informasi tentang perkembangan teknologi pada mesin kendaraan bermotor
  • Guru memberikan motivasi untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan tentang teknik otomotif

Sumber Belajar :

  1. Buku teks mata pelajaran Pekerjaan Teknik Otomotif
  2. Media pembelajaran seperti gambar, video atau animasi
  3. Kendaraan bermotor sebagai bahan praktek langsung

Demikianlah modul ajar Pekerjaan Teknik Otomotif untuk kelas X semester ganjil. Semoga modul ini dapat membantu para siswa dalam mem

kebonjeruk smk
lanjut

pelajari teknik otomotif dengan baik dan mendapatkan hasil belajar yang optimal. Dalam modul ini, siswa diharapkan dapat memahami prinsip kerja mesin kendaraan bermotor, fungsi dan cara kerja komponen-komponen mesin kendaraan bermotor, serta melakukan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, siswa akan diberikan penjelasan materi oleh guru mengenai prinsip kerja mesin kendaraan bermotor, bagian-bagian mesin kendaraan bermotor dan fungsinya, serta perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor. Selanjutnya, siswa akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan mempraktekkan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor dengan bimbingan guru. Hasil praktek akan dipresentasikan kepada teman sekelas.

Setelah itu, guru akan melakukan evaluasi pembelajaran dengan memberikan tes tulis dan praktek langsung untuk mengevaluasi pemahaman siswa, serta melakukan observasi selama kegiatan praktek siswa. Di akhir pembelajaran, guru akan melakukan refleksi bersama siswa tentang pembelajaran yang telah dilakukan, memberikan tugas untuk mencari informasi tentang perkembangan teknologi pada mesin kendaraan bermotor, serta memberikan motivasi untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan tentang teknik otomotif.

Sumber belajar yang dapat digunakan siswa dalam mempelajari teknik otomotif adalah buku teks mata pelajaran Pekerjaan Teknik Otomotif, media pembelajaran seperti gambar, video atau animasi, serta kendaraan bermotor sebagai bahan praktek langsung.

Semoga modul ini dapat membantu para siswa dalam belajar teknik otomotif dengan lebih mudah dan menyenangkan. Selamat belajar!

kebonjeruk smk
umpan balik untuk mapel pekerjaan dasar otomotif

Sebagai AI, saya tidak dapat memberikan umpan balik yang spesifik, tetapi berikut adalah beberapa hal umum yang dapat menjadi dasar untuk memberikan umpan balik pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif:

  1. Komunikasi: Selama pembelajaran, guru dapat memperhatikan bagaimana siswa berkomunikasi dan berinteraksi dengan materi pelajaran dan rekan-rekannya. Jika ada siswa yang kurang aktif dalam kelas, guru dapat memotivasi mereka untuk berpartisipasi lebih aktif. Sementara jika ada siswa yang lebih aktif, guru dapat memberikan tantangan atau tugas yang lebih menantang.

  2. Pemahaman Konsep: Guru dapat melakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep siswa. Hal ini sangat penting agar guru dapat memperbaiki metode pengajaran jika diperlukan. Jika ada siswa yang masih kesulitan dalam memahami konsep, guru dapat melakukan pendekatan lain seperti memberikan contoh atau lebih banyak latihan.

  3. Keterampilan Praktik: Keterampilan praktik sangat penting dalam mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif. Guru dapat memperhatikan bagaimana siswa bekerja dalam mempraktekkan perawatan dan perbaikan sederhana pada mesin kendaraan bermotor. Jika diperlukan, guru dapat memberikan bimbingan dan saran yang lebih baik agar siswa dapat lebih baik lagi dalam melakukan praktek.

  4. Penggunaan Sumber Belajar: Guru dapat memastikan bahwa siswa memanfaatkan sumber belajar dengan baik. Sumber belajar seperti buku teks, media pembelajaran, dan kendaraan bermotor harus digunakan secara optimal agar siswa dapat lebih memahami konsep yang diajarkan.

  5. Umpan balik terhadap kinerja siswa: Guru harus memberikan umpan balik secara rutin tentang kinerja siswa. Umpan balik dapat berupa kritik yang konstruktif atau pujian atas prestasi siswa. Umpan balik ini akan membantu siswa memahami di mana kekurangan mereka sehingga mereka dapat memperbaikinya dan meraih prestasi yang lebih baik.

Dalam hal ini, guru dapat menggunakan berbagai cara untuk memberikan umpan balik, misalnya dengan menggunakan sistem penilaian, diskusi kelompok, tugas mandiri, ataupun evaluasi ulang untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul. Dengan umpan balik yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi pelajaran dan meningkatkan kinerjanya di kelas.

kebonjeruk smk
lanjut
  1. Kesiapan Kelas: Guru juga dapat memperhatikan kesiapan kelas dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini meliputi kesiapan alat-alat dan fasilitas yang diperlukan untuk pembelajaran teknik otomotif seperti kendaraan bermotor, alat perbaikan, dan perlengkapan keselamatan kerja. Guru juga dapat memastikan bahwa siswa telah mempersiapkan diri dengan baik, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun kesediaan untuk belajar.

  2. Kreativitas Pembelajaran: Guru dapat memperkaya pembelajaran dengan mengaplikasikan teknologi terkini seperti animasi, video, ataupun simulasi untuk membantu siswa memahami konsep yang lebih kompleks. Hal ini dapat meningkatkan minat siswa dan memudahkan mereka untuk memahami materi yang disajikan.

  3. Perbaikan dan Pengembangan Materi: Guru dapat melakukan evaluasi terhadap kurikulum dan materi pelajaran, serta memperbaiki atau mengembangkan materi yang sudah ada agar lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi teknologi terkini.

  4. Kolaborasi: Guru dapat mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam belajar, baik dalam kelompok maupun secara individu. Dengan berkolaborasi, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik, meningkatkan keterampilan sosial, dan memperluas wawasan mereka.

  5. Pemantauan Terhadap Kemajuan Siswa: Guru dapat memantau kemajuan siswa secara teratur dengan menggunakan berbagai alat seperti catatan dan penilaian, serta melakukan pertemuan dengan orangtua siswa. Hal ini akan memudahkan guru dalam memahami kemajuan siswa dan memberikan solusi jika diperlukan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, diharapkan pembelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam mempelajari teknik otomotif, siswa perlu memperoleh pemahaman yang baik dan keterampilan yang memadai agar dapat meraih prestasi yang baik dan sukses di dunia kerja.

kebonjeruk smk
tugas praktek pekerjaan dasar teknik otomotif

Tugas praktek Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif biasanya terdiri dari beberapa kegiatan praktik yang harus dilakukan oleh siswa. Beberapa tugas praktek yang umumnya diberikan oleh guru diantaranya:

  1. Pengecekan kendaraan: Siswa diminta untuk melakukan pengecekan rutin pada kendaraan, seperti pengecekan oli mesin, air radiator, dan tekanan ban.

  2. Perbaikan komponen mesin: Siswa diberikan tugas untuk memperbaiki komponen mesin kendaraan, seperti perbaikan mesin, perbaikan sistem rem, dan perbaikan sistem pendingin mesin.

  3. Pemasangan komponen: Siswa diberikan tugas untuk memasang komponen kendaraan, seperti memasang sistem kelistrikan, memasang sistem suspensi, dan memasang sistem transmisi.

  4. Pembuatan prototipe: Siswa diberikan tugas untuk membuat prototipe kendaraan sederhana, seperti mobil mainan atau sepeda motor mini.

  5. Pemeliharaan kendaraan: Siswa diminta untuk melakukan pemeliharaan pada kendaraan, seperti membersihkan filter udara dan memperbaiki sistem pengapian.

  6. Menggambar teknik: Siswa diberikan tugas untuk menggambar teknik pada suatu komponen kendaraan, seperti gambar teknik sistem bahan bakar atau gambar teknik sistem suspensi.

  7. Pengujian kendaraan: Siswa diminta untuk melakukan pengujian pada kendaraan, seperti pengujian rem, pengujian mesin, dan pengujian sistem suspensi.

  8. Analisis masalah: Siswa diberikan tugas untuk menganalisis masalah pada kendaraan, menemukan penyebabnya, dan memberikan solusi perbaikan.

Tugas praktek ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan teknis siswa di bidang Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif, meningkatkan keterampilan praktik, dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia kerja di bidang otomotif. Selain itu, tugas praktek juga dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari di kelas.

kebonjeruk smk
buatkan project pada mapel pekerjaan dasar teknik otomotif

Berikut ini adalah contoh project pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif:

Judul Project: "Modifikasi Sistem Knalpot Kendaraan"

Deskripsi: Siswa akan membuat perubahan pada sistem knalpot kendaraan standar menjadi sistem knalpot yang lebih efisien dan bertenaga. Siswa akan belajar tentang karakteristik gas buang, tekanan, dan aliran udara dalam sistem knalpot, serta cara untuk meningkatkan kinerja sistem knalpot. Siswa juga akan mempelajari tentang standar emisi gas buang dan bagaimana mengoptimalkan sistem knalpot untuk memenuhi standar tersebut.

Tahapan Project:

  1. Riset dan Perencanaan: Siswa akan melakukan penelitian tentang karakteristik sistem knalpot dan teknologi yang digunakan untuk memodifikasi sistem knalpot kendaraan. Selanjutnya, siswa akan merencanakan desain sistem knalpot baru yang sesuai dengan kendaraan yang dipilih.

  2. Pembuatan Prototipe: Siswa akan membuat prototipe sistem knalpot baru dengan menggunakan bahan dan alat yang tersedia di sekolah. Siswa akan melakukan pemasangan dan pengujian awal terhadap sistem knalpot.

  3. Uji Coba dan Perbaikan: Setelah prototipe selesai dibuat, siswa akan melakukan pengujian dan evaluasi terhadap sistem knalpot. Jika ada masalah atau kekurangan, siswa akan melakukan perbaikan dan pengujian ulang.

  4. Presentasi Project: Siswa akan mempresentasikan hasil project kepada guru dan teman-teman mereka. Siswa akan menjelaskan teknologi dan metode yang digunakan, serta hasil uji coba dan evaluasi dari sistem knalpot yang telah dibuat.

Tujuan dari project ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknis siswa dalam bidang modifikasi sistem knalpot, memperdalam pemahaman siswa tentang karakteristik gas buang, serta meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan solutif. Selain itu, project ini juga diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk terus belajar dan berinovasi di bidang otomotif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama