MATERI INFORMATIKA KLS X BM ,TI

 SCROOL KEBAWAH UNTUK MENGETAHUI TUGAS 

YOUTUBE SURYO_EDUCATION disini


untuk belajar modul silahkan klik MODUL AJAR SURYO  diatas jangan lupa subscrabe yah
TUGAS disini 

ABSEN BM

ABSENSI  TI

PERTEMUAN 1.

Apa itu CMD (Command Prompt), Fungsi dan Perintah Dasarnya

Algoritma adalah metode atau langkah-langkah yang dirancang secara teratur dan berurutan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah melalui instruksi atau tindakan.

Apa itu CMD ?

CMD adalah sebuah aplikasi berbasis Command Line Interpretter (CLI) pada sistem operasi Microsoft Windows. CMD merupakan salah satu fitur dasar pada Windows yang dulu masih dikenal sebagai MS-DOS.

Namun kini, fitur CMD sudah jarang digunakan karena telah tergantikan dengan sistem GUI yang lebih user friendly dan lebih mudah digunakan.

Fungsi CMD

Fungsi utama CMD adalah untuk menjalankan berbagai perintah pada sistem operasi Windows. Namun, fungsi CMD bisa lebih spesifik tergantung dari perintah yang Anda jalankan.

Berikut beberapa fungsi dari CMD yang sering digunakan:

  1. Cek Jaringan: Anda bisa menggunakan CMD untuk melihat hasil ping ke sebuah website, melihat IP address yang digunakan, hingga melakukan tracert jaringan ke sebuah server.
  2. Cek Status Windows: CMD bisa berfungsi untuk melihat aktivasi Windows yang Anda gunakan.
  3. Manage Files: Anda bisa membuat, menghapus hingga menyembunyikan file di Windows Anda. Selain itu, anda juga bisa melihat kuota terpakai pada hardisk.

Perintah Dasar CMD

Sesuai definisi diatas, fungsi utama CMD adalah untuk mengelola operating system pada Windows. Melalui CMD, Anda dapat memasukkan berbagai perintah atau command yang digunakan untuk mengelola Windows seperti membuat folder baru, copy, paste, ping, dsb.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama