modul gto

 buat rpp gambar teknik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Gambar Teknik

Kelas: X (Sepuluh) Mata Pelajaran: Gambar Teknik Tema: Dasar-dasar Gambar Teknik Alokasi Waktu: 2 x 45 Menit

Standar Kompetensi:

  1. Mengidentifikasi jenis-jenis gambar teknik beserta fungsinya.
  2. Menerapkan teknik dasar menggambar teknik.

Kompetensi Dasar: 1.1. Menjelaskan jenis-jenis gambar teknik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 2.1. Menerapkan teknik menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga.

Indikator Pencapaian Kompetensi: 1.1. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis gambar teknik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 2.1. Siswa dapat menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga dengan baik dan benar.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis gambar teknik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Siswa dapat menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga dengan baik dan benar.

Materi Pembelajaran:

  1. Pengenalan jenis-jenis gambar teknik beserta fungsinya.
  2. Teknik menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga.

Metode Pembelajaran:

  1. Ceramah singkat dan diskusi kelompok tentang jenis-jenis gambar teknik dan fungsinya.
  2. Demonstrasi dan praktik langsung menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga.

Media Pembelajaran:

  1. Power point
  2. Gambar teknik yang sudah ada
  3. Alat gambar teknik seperti pensil, penggaris, dan kompas.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan 1:

  1. Guru memperkenalkan jenis-jenis gambar teknik dan fungsinya melalui power point dan diskusi kelompok.
  2. Siswa membuat catatan tentang jenis-jenis gambar teknik yang telah dijelaskan.
  3. Siswa diberi tugas untuk mencari contoh gambar teknik yang berkaitan dengan jenis-jenis gambar teknik yang telah dijelaskan.

Pertemuan 2:

  1. Guru melakukan demonstrasi tentang teknik menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga.
  2. Siswa mencoba melakukan praktik langsung menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga dengan menggunakan alat gambar teknik yang telah disediakan.
  3. Siswa diberi tugas untuk membuat gambar teknik dengan menggunakan teknik menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga yang telah dipelajari.

Penilaian:

  1. Penilaian dilakukan melalui tugas individu yang diberikan pada akhir setiap pertemuan.
  2. Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan siswa dalam menjelaskan jenis-jenis gambar teknik dan menggambar garis, lingkaran, elips, dan segitiga dengan baik dan benar.

Catatan:

  1. RPP ini disusun dengan memperhatikan Standar Kompet
kebonjeruk smk
lanjut

ensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang berlaku. 2. RPP ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

  1. Guru dapat menggunakan variasi metode dan media pembelajaran lain sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan yang ada.
  2. Guru harus memperhatikan aspek keselamatan dalam penggunaan alat gambar teknik, seperti menggunakan penggaris dengan hati-hati dan menghindari penggunaan kompas dengan sudut yang terlalu tajam.
  3. Penilaian yang dilakukan harus objektif dan mencakup seluruh aspek yang telah dipelajari.
  4. RPP ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran Gambar Teknik untuk kelas X.

Demikianlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Gambar Teknik yang dapat digunakan sebagai acuan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas X. Semoga bermanfaat bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas siswa dalam menguasai materi Gambar Teknik




buatkan modul pembelajaran mapel gambat teknik

Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Gambar Teknik

I. Pendahuluan A. Pengertian Gambar Teknik B. Jenis-jenis Gambar Teknik C. Tujuan Pembelajaran

II. Alat-alat Gambar Teknik A. Peralatan Menggambar B. Bahan Gambar C. Penggunaan Alat-alat Gambar Teknik

III. Teknik Dasar Gambar Teknik A. Sketsa dan Garis B. Proyeksi C. Pemilihan Skala

IV. Standar Simbol Gambar Teknik A. Simbol Pemotongan B. Simbol Perakitan C. Simbol Ukuran D. Simbol Material

V. Jenis-jenis Gambar Teknik A. Gambar Orthografi B. Gambar Isometrik C. Gambar Perspektif D. Gambar Tengara

VI. Langkah-langkah Membuat Gambar Teknik A. Tahap Persiapan B. Tahap Penggambaran C. Tahap Penyelesaian

VII. Evaluasi Pembelajaran

VIII. Kesimpulan

IX. Daftar Pustaka

Modul ini akan membahas dasar-dasar gambar teknik dan akan membantu siswa memahami teknik-teknik dasar dalam menggambar teknik. Selain itu, siswa akan belajar tentang standar simbol dalam gambar teknik dan teknik pembuatan gambar teknik yang berbeda seperti gambar orthografi, isometrik, perspektif, dan tengara. Modul ini juga akan memberikan informasi tentang alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam menggambar teknik.

Modul ini disusun untuk membantu siswa memahami gambar teknik dengan mudah dan cepat. Modul ini dirancang untuk siswa yang mempelajari gambar teknik untuk pertama kalinya atau siswa yang ingin memperbaiki keterampilan mereka dalam menggambar teknik.

Modul ini dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu mengajar dalam kelas, atau oleh siswa sebagai sumber belajar mandiri. Modul ini dilengkapi dengan contoh gambar dan latihan untuk memastikan siswa memahami materi dengan baik.

kebonjeruk smk
lanjut

I. Pendahuluan A. Pengertian Gambar Teknik Gambar teknik adalah gambar yang dibuat dengan menggunakan simbol-simbol standar untuk menyatakan bentuk, ukuran, dan material suatu objek. Gambar teknik digunakan dalam berbagai industri, seperti arsitektur, mesin, dan elektronik.

B. Jenis-jenis Gambar Teknik

  1. Gambar Orthografi
  2. Gambar Isometrik
  3. Gambar Perspektif
  4. Gambar Tengara

C. Tujuan Pembelajaran Tujuan dari pembelajaran gambar teknik adalah agar siswa dapat menggambar objek secara akurat dan dengan menggunakan simbol-simbol standar. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar dalam menggambar teknik, seperti proyeksi, pemilihan skala, dan simbol-simbol gambar teknik.

II. Alat-alat Gambar Teknik A. Peralatan Menggambar

  1. Pensil teknik
  2. Penggaris
  3. Busur derajat
  4. Kompas
  5. Stensil

B. Bahan Gambar

  1. Kertas gambar
  2. Pensil grafik
  3. Penghapus
  4. Tinta teknik

C. Penggunaan Alat-alat Gambar Teknik Siswa perlu memahami cara menggunakan alat-alat gambar teknik dengan baik agar dapat menggambar dengan akurat. Penggunaan alat-alat gambar teknik dapat mempengaruhi kualitas gambar teknik yang dihasilkan.

III. Teknik Dasar Gambar Teknik A. Sketsa dan Garis Siswa akan belajar tentang teknik menggambar sketsa dan garis yang digunakan dalam gambar teknik.

B. Proyeksi Proyeksi digunakan dalam gambar teknik untuk menghasilkan gambar yang akurat dari suatu objek.

C. Pemilihan Skala Pemilihan skala adalah proses memilih ukuran gambar yang tepat untuk menggambar objek agar dapat menunjukkan detail yang diperlukan.

IV. Standar Simbol Gambar Teknik A. Simbol Pemotongan Simbol pemotongan digunakan dalam gambar teknik untuk menunjukkan area yang akan dipotong.

B. Simbol Perakitan Simbol perakitan digunakan dalam gambar teknik untuk menunjukkan bagaimana objek harus dipasang.

C. Simbol Ukuran Simbol ukuran digunakan dalam gambar teknik untuk menunjukkan ukuran objek secara akurat.

D. Simbol Material Simbol material digunakan dalam gambar teknik untuk menunjukkan jenis material yang digunakan dalam pembuatan objek.

V. Jenis-jenis Gambar Teknik A. Gambar Orthografi Gambar orthografi digunakan untuk menunjukkan detail objek dari sudut pandang yang berbeda.

B. Gambar Isometrik Gambar isometrik digunakan untuk menunjukkan objek dalam tiga dimensi.

C. Gambar Perspektif Gambar perspektif digunakan untuk menunjukkan objek dari sudut pandang yang realistis.

D. Gambar Tengara Gambar tengara digunakan untuk menunjukkan objek dalam tiga dimensi dengan menggunakan proyeksi.

VI. Lang

kebonjeruk smk
lanjut

V. Jenis-jenis Gambar Teknik (lanjutan) D. Gambar Tengara (lanjutan)

  1. Proyeksi Ortogonal Proyeksi ortogonal digunakan dalam gambar teknik untuk menunjukkan objek dari sudut pandang yang berbeda secara akurat.

  2. Proyeksi Isometrik Proyeksi isometrik digunakan dalam gambar teknik untuk menunjukkan objek dalam tiga dimensi dengan menggunakan sudut pandang isometrik.

  3. Proyeksi Perspektif Proyeksi perspektif digunakan dalam gambar teknik untuk menunjukkan objek dari sudut pandang yang realistis.

VII. Teknik Menggambar 2D dan 3D A. Teknik Menggambar 2D Teknik menggambar 2D digunakan dalam gambar teknik untuk menggambar objek dalam dua dimensi.

B. Teknik Menggambar 3D Teknik menggambar 3D digunakan dalam gambar teknik untuk menggambar objek dalam tiga dimensi.

VIII. Penyelesaian Tugas dan Latihan Siswa akan diberikan tugas dan latihan untuk mempraktikkan dan menguji pemahaman mereka tentang gambar teknik.

IX. Evaluasi Pembelajaran Evaluasi pembelajaran akan dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menggambar teknik, memahami konsep-konsep dasar, dan menggunakan alat-alat gambar teknik dengan baik.

X. Penutup Pembelajaran gambar teknik dapat membantu siswa memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar dalam menggambar teknik, serta mengembangkan keterampilan teknis yang diperlukan dalam industri yang memerlukan gambar teknik. Dengan pemahaman yang baik tentang gambar teknik, siswa dapat menghasilkan gambar yang akurat dan memenuhi standar industri.

kebonjeruk smk
buatkan praktek untuk mapel gambar teknik

Berikut adalah contoh beberapa praktek yang bisa dilakukan dalam pembelajaran mapel gambar teknik:

  1. Praktek menggambar garis-garis dasar: Siswa dapat diminta untuk menggambar garis-garis dasar seperti garis horizontal, vertikal, miring, lengkung, dan lain-lain. Praktek ini bertujuan untuk memperbaiki ketepatan dan kecepatan dalam menggambar garis.

  2. Praktek menggambar objek sederhana: Siswa dapat diminta untuk menggambar objek sederhana seperti kubus, bola, kerucut, dan lain-lain. Praktek ini bertujuan untuk melatih kemampuan dalam menggambar objek dalam tiga dimensi.

  3. Praktek menggambar proyeksi ortogonal: Siswa dapat diminta untuk menggambar proyeksi ortogonal dari sebuah objek sederhana, seperti kotak atau balok. Praktek ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam menggambar objek dari sudut pandang yang berbeda-beda.

  4. Praktek menggambar proyeksi isometrik: Siswa dapat diminta untuk menggambar proyeksi isometrik dari sebuah objek sederhana, seperti kubus atau balok. Praktek ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam menggambar objek tiga dimensi dengan sudut pandang isometrik.

  5. Praktek menggambar proyeksi perspektif: Siswa dapat diminta untuk menggambar proyeksi perspektif dari sebuah objek sederhana, seperti bangunan atau mobil. Praktek ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam menggambar objek dari sudut pandang yang realistis.

  6. Praktek menggambar dengan menggunakan software CAD: Siswa dapat diberikan tugas untuk menggambar sebuah objek menggunakan software CAD seperti AutoCAD atau SolidWorks. Praktek ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa dengan teknologi terbaru dalam menggambar teknik.

  7. Praktek menggambar sketsa cepat: Siswa dapat diminta untuk menggambar sketsa cepat dari sebuah objek atau bangunan yang dilihat secara langsung. Praktek ini bertujuan untuk melatih kemampuan siswa dalam menggambar dengan cepat dan akurat.

Praktek-praktek di atas dapat diadaptasi dan disesuaikan dengan tingkat keterampilan dan kemampuan siswa. Penting untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan memotivasi siswa dalam pembelajaran mapel gambar teknik.

kebonjeruk smk
project untuk materi gambar teknik

Berikut adalah contoh beberapa proyek atau tugas yang bisa diberikan dalam pembelajaran mapel gambar teknik:

  1. Mendesain produk: Siswa diminta untuk mendesain produk dari awal hingga akhir, termasuk menggambar sketsa, membuat model tiga dimensi, dan menghasilkan gambar teknik detail.

  2. Membuat desain arsitektur: Siswa diminta untuk membuat desain arsitektur untuk sebuah bangunan atau ruangan, termasuk menggambar rencana lantai, rencana dinding, dan tampilan tiga dimensi.

  3. Membuat desain mesin: Siswa diminta untuk membuat desain mesin atau peralatan, termasuk menggambar sketsa, membuat model tiga dimensi, dan menghasilkan gambar teknik detail.

  4. Membuat desain kemasan: Siswa diminta untuk membuat desain kemasan untuk produk tertentu, termasuk menggambar sketsa, membuat model tiga dimensi, dan menghasilkan gambar teknik detail.

  5. Membuat gambar teknik dari objek fisik: Siswa diminta untuk menggambar gambar teknik dari objek fisik yang ada di sekitar mereka, seperti sebuah mesin atau bangunan.

  6. Membuat animasi teknik: Siswa diminta untuk membuat animasi teknik dari sebuah produk atau mesin, termasuk menggunakan software animasi seperti Blender atau Maya.

  7. Membuat prototipe dari desain: Siswa diminta untuk membuat prototipe dari desain yang mereka buat, termasuk menggunakan teknik cetak 3D.

Proyek-proyek di atas dapat diadaptasi dan disesuaikan dengan tingkat keterampilan dan kemampuan siswa. Penting untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan memotivasi siswa dalam pembelajaran mapel gambar teknik. Selain itu, penting juga untuk menekankan pentingnya akurasi dan ketepatan dalam menggambar teknik.

kebonjeruk smk
umpan balik untuk mapel gambar teknik

Berikut adalah beberapa contoh umpan balik yang dapat diberikan kepada siswa dalam pembelajaran mapel gambar teknik:

  1. Akurasi: Memberikan umpan balik kepada siswa tentang sejauh mana gambar teknik yang mereka hasilkan sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang telah diberikan. Jika ada kesalahan atau ketidaktepatan dalam gambar teknik, berikan saran atau rekomendasi tentang cara memperbaikinya.

  2. Teknik Menggambar: Berikan umpan balik tentang teknik menggambar yang digunakan siswa, seperti ketepatan dalam membuat garis, ketelitian dalam mengukur, kemampuan dalam membuat sketsa, dan sebagainya. Jika ada masalah atau kesulitan dalam teknik menggambar, berikan saran atau rekomendasi tentang cara memperbaikinya.

  3. Pemahaman Konsep: Memberikan umpan balik tentang pemahaman siswa terhadap konsep dan prinsip dasar dalam gambar teknik, seperti proyeksi ortogonal, proyeksi isometrik, dan perspektif. Jika ada kekurangan dalam pemahaman konsep, berikan penjelasan lebih lanjut dan bahan bacaan tambahan.

  4. Kreativitas: Memberikan umpan balik tentang kreativitas siswa dalam menghasilkan gambar teknik, seperti dalam mendesain produk, bangunan, atau mesin. Berikan apresiasi dan dorongan pada siswa untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam menggambar teknik.

  5. Penyelesaian Tugas: Memberikan umpan balik tentang kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas atau proyek dalam waktu yang ditentukan. Berikan dukungan dan motivasi pada siswa untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi dalam menyelesaikan tugas.

  6. Peningkatan Kemampuan: Berikan umpan balik yang membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menggambar teknik, seperti memberikan latihan tambahan, tugas, atau proyek yang lebih menantang. Berikan pujian dan dukungan pada siswa ketika mereka membuat kemajuan dalam kemampuan menggambar teknik.

  7. Kolaborasi: Berikan umpan balik tentang kemampuan siswa dalam bekerja sama dan berkolaborasi dengan teman-teman dalam tugas atau proyek. Berikan pujian dan dukungan pada siswa yang berhasil bekerja sama dengan baik dan memberikan saran pada siswa yang masih membutuhkan bantuan dalam bekerja sama dengan baik.

kebonjeruk smk
lanjut
  1. Komunikasi: Memberikan umpan balik tentang kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide dan gagasan mereka dengan jelas dan teratur melalui gambar teknik. Berikan saran dan rekomendasi pada siswa tentang cara meningkatkan kemampuan komunikasi mereka, seperti dengan membuat catatan atau membuat sketsa sederhana untuk memperjelas ide mereka.

  2. Penggunaan Alat: Memberikan umpan balik tentang kemampuan siswa dalam menggunakan alat-alat gambar teknik, seperti penggaris, pensil, dan software desain grafis. Berikan saran dan rekomendasi pada siswa tentang cara menggunakan alat-alat tersebut secara benar dan efektif.

  3. Pengembangan Diri: Memberikan umpan balik tentang kemampuan siswa dalam mengembangkan diri mereka sendiri dalam bidang gambar teknik, seperti dengan membaca buku, mengikuti kursus, atau mengeksplorasi teknik menggambar baru. Berikan dukungan dan motivasi pada siswa untuk terus mengembangkan diri mereka dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menggambar teknik.

  4. Ketepatan Waktu: Memberikan umpan balik tentang ketepatan waktu siswa dalam menyelesaikan tugas atau proyek yang diberikan. Berikan saran dan rekomendasi pada siswa tentang cara mengatur waktu dengan efektif agar dapat menyelesaikan tugas atau proyek dengan tepat waktu.

  5. Pemahaman Pekerjaan: Memberikan umpan balik tentang pemahaman siswa terhadap jenis pekerjaan yang terkait dengan gambar teknik, seperti pekerjaan di bidang arsitektur, rekayasa, atau desain produk. Berikan penjelasan dan bahan bacaan tambahan untuk membantu siswa memahami jenis pekerjaan yang dapat diambil setelah lulus dari pembelajaran mapel gambar teknik.

Umpan balik yang diberikan sebaiknya mencakup berbagai aspek, termasuk teknik menggambar, kreativitas, komunikasi, dan kemampuan menyelesaikan tugas. Hal ini akan membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menggambar teknik dan mempersiapkan mereka untuk bekerja di bidang terkait di masa depan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama