Tugas kls XI

Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak

Siklus kerja mesin motor 4 tak
Siklus kerja mesin motor 4 tak. Disebut 4 tak karena ada empat langkah yang terjadi

Seperti dijelaskan sebelumnya, kerja mesin motor 4 tak terdiri dari hisap, kompresi, kerja dan buang. Seluruh langkah tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk menghasilkan dorongan tenaga.

Dari hasil pembakaran mesin empat tak inilah, tenaga kemudian didistribusikan ke transmisi yang kemudian menggerakkan roda belakang motor. Sampai akhirnya bisa melaju.

Mau tahu lebih lengkap soal cara kerja motor 4 tak, berikut pembahasan detail langkah-langkahnya:

1. Proses Hisap (Intake) dari Motor 4 Tak

Proses hisap pada motor 4 tak, klep hisap membuka dan piston turun untuk menghisap campuran udara dan bahan bakar. Selanjutnya, bahan bakar dapat masuk ke dalam silinder mesin motor. Banyaknya jumlah bahan bakar yang terbakar dalam proses pembakaran dapat mempengaruhi produksi tenaga mesin.

Prosesnya adalah piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB), kemudian klep in terbuka dan klep Ex akan tertutup sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder.

Kruk as akan berputar 180°, noken as berputar 90°. Selanjutnya tekanan negatif piston menghisap kabut oleh karburator akan terhisap melalui intake port.

2. Menghasilkan Kompresi (Compression)

Tujuan langkah pada motor 4 tak adalah untuk meningkatkan temperature sehingga campuran bahan bakar dan udara jadi senyawa. Rasio proses ini nantinya akan berhubungan erat dengan produksi tenaga pada mesin.

Cara kerjanya adalah piston dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), klep in menutup dan klep Ex tertutup. Alhasil udara atau gas dalam ruang bakar dapat menghasilkan kompresi.

Selanjutnya, kruk as mencapai satu rotasi penuh (360°), noken as mencapai 180°.

3. Langkah Tenaga (Combustion) Pada Motor 4 Tak

Kerja mesin motor 4 tak selanjutnya dimulai dengan menyalakan busi yang menghasilkan terbakarnya bahan bakar/udara. Proses itu akan menyebabkan ledakang yang akan mendorong piston turun ke silinder bore.

Gerakan linier itu di ubah menjadi gerak rotasi oleh kruk AS yang kemudian diteruskan menuju flywheel. Prosesnya adalah terjadinya ledakan diruang bakar yang kemudian menyebabkan piston terlempar dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB).

Ketika klep in tertutup, menjelang akhir langkah klep buang mulai sedikit terbuang. Melalui proses ini terjadi transformasi energi bolak balik piston menjadi energi rotasi kruk AS. Putaran kruk AS bisa mencapai 540° dan putaran noken AS mencapai 270°.

4. Proses Buang (Exhaust Emission)

Setelah terjadi proses pembakaran pada motor 4 tak, mengharuskan gas bakar wajib terbuang. Piston dari TMB naik lagi ke atas alias TMA dibarengi dengan klep buang membuka.

Sehingga gas hasil pembakaran tersebut terbuang ke knalpot. Pada proses buang ini, piston akan naik dari TMB ke TMA. Selanjutnya menghasilkan setengah putaran kruk as atau 180 derajat.

Siklus kerja mesin 4-tak terus berulang hingga pengendara motor mematikan kunci kontak dan tidak ada percikan api busi sehingga mesin mati alias mogok.

Jadi bagaimana sudah tahukan pengertian motor 4 tak dan cara kerja motor 4 tak? Kalau masih belum jelas juga, coba ikuti penjelasan di bawah.

Penjelasan Lengkap Mesin Motor 4 Tak

Contoh mesin bore up pada motor 4 tak
Contoh mesin motor 4 tak

Di siklus atau cara kerja motor 4 tak dalam menghasilkan tenaga, butuh 4 langkah. Keempat langkah tersebut yakni hisap, kompresi, kerja dan buang. Satu kali siklus motor 4-tak terjadi putaran kruk sebanyak 2 kali.

Putaran kruk as 2 kali itu dari langkah hisap (setengah putaran) + langkah kompresi (setengah putaran) + langkah kerja (setengah putaran), dan langkah buang (setengah putaran).

Bila dikalkulasi secara keseluruhan, dalam 2 kali putaran kruk as atau 360 derajat, mesin motor 4 tak menghasilkan power atau langkah kerja.

Kalau dijumlah, dalam 2 kali putaran kruk as atau 360 derajat dapat menghasilkan power atau langkah kerja di mesin motor 4 tak. Paham?

Kendala yang Biasa Terjadi Pada Mesin Motor 4 Tak

mesin motor 4 tak
Mesin motor sport

Walau mesin 4 tak adalah penerus dari 2 tak. Bukan berarti ini sistem yang sempurna. Sejumlah kendala masih mungkin terjadi. Terlebih kalau kamu tidak melakukan perawatan mesin secara berkala.

Apa saja kendala yang biasa terjadi pada mesin motor 4 tak? Ketahuilan lewat tulisan di bawah ini. Jangan sampai motor kamu mogok ya!

1. Kinerja Mesin Bermasalah Mengakibatkan Motor Ngebul

Kendala mesin ngebul pada motor 4 tak
Kendala mesin ngebul pada sepeda motor

Apabila kinerja mesin tak tidak bekerja maksimal, dapat mengakibatkan keluarnya asap putih pada knalpot motor. Penyebabnya, mungkin karena piston motor yang telah oblak.

Kemungkinan lainnya, bisa saja karena ring piston telah aus dan setang piston yang bermasalah menyebabkan oli merembes ke ruang bakar mesin.

Saat oli bercampur dengan bahan bakar, maka terjadilah kepulan asap bersamaan dengan keluarnya gas sisa pembakaran dari knalpot. Bila sudah terjadi, sebaiknya segera cek ke bengkel.

Paling ringan solusinya adalah dengna mengganti ring piston. Hanya saja untuk persoalan yang berat, bisa jadi piston perlu diganti. Tentu biaya ini tidak murah.

2. Tenaga yang Dihasilkan Menurun

kinerja mesin motor 4 tak yang menurun
Penyebab motor mati saat di gas, bisa jadi mesin overheat. Lantaran itu jangan lupa isi oli

Permasalahan lain yang mungkin terjadi ketika mesin motor  mengalami kendala adalah tenaga motor yang tiba-tiba menurun, meskipun selongsong gas sudah dibetot dalam-dalam.

Masalah ini mungkin terjadi karena komponen piston maupun ring piston sudah tidak kuat lagi mendorong secara optimal. Alhasil kompresi mesin juga menurun, akibatnya proses pembakaran jadi tidak sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan sangat kecil.

Berangkat dari permasalahan satu ini, kamu perlu lebih teliti. Karena kendala yang terjadi biasanya karena pemasangan piston dan ring piston yang tidak benar.  Usia pemakaian juga mempengaruhi kinerja mesin yang menurun.

Bisa juga karena motor kamu selalu melakoni kerja berat, dengan mengangkut beban yang melebihi kapasitasnya.

3. Mesin Motor 4 Tak yang Susah Dihidupkan

Motor 4 Tak Mogok
Kerja mesin yang tak maksimal bisa mengakibatkan mogok

Gejala lain yang bisa kamu rasakan, ketika mesin mengalami masalah biasanya, sulit untuk di-starter dan umumnya sering mogok di tengah perjalanan. Penyebabnya mungkin karena piston rusak yang membuat dinding silinder yang aus menyebabkan oli masuk ke ruang bakar.

Apabila ini terjadi, bisa mengakibatkan masalah baru, yakni busi yang sering mati maupun motor yang susah dihidupkan. Dari masalah ini biasanya akan memunculkan bau sangit dan bau asap knalpot yang tidak enak.

Semoga informasi mengenai pengertia motor 4 tak dan cara kerja motor 4 tak ini dapat bermanfaat buat kamu. Kedepannya mungkin bisa lebih perhatian terhadap mesin pada motor kesayanganmu!

SOAL 

1. Apa itu siklus ottomotif...?

2.kenapa ada siklus 4 tak..

3. apa kelebihan dan kekurangan mesin 4 tak ...?

silahkan isi di kolom komentar


8 Komentar

  1. Muhammad Naufal Siregar
    X-Otomotif I

    1. Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2. mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3. Kelebihan Motor 4-Tak

    1. Konsumsi bensin lebih irit dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.

    2. Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.

    3. Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

    4. Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.

    5. Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan

    1. Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.

    2. Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.

    3. Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.

    4. Getaran yang terjadi lebih besar.

    5. Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet.

    BalasHapus
  2. Nama: Muhammad farid firdaus
    X/Oto1

    1. Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2.mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3. Kelebihan Motor 4-Tak

    1. Konsumsi bensin lebih irit dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.

    2. Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.

    3. Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

    4. Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.

    5. Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan

    1. Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.

    2. Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.

    3. Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.

    4. Getaran yang terjadi lebih besar.

    5. Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet.

    BalasHapus
  3. Nama: Ardi Indrianto
    Kelas: X TKRO 2

    1. Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2.mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3. Kelebihan Motor 4-Tak

    1. Konsumsi bensin lebih irit dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.

    2. Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.

    3. Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

    4. Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.

    5. Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan

    1. Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.

    2. Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.

    3. Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.

    4. Getaran yang terjadi lebih besar.

    5. Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet.

    BalasHapus
  4. Gilbert Taruno X OTO1

    1. Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2.mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3. Kelebihan Motor 4-Tak
    -Konsumsi bensin lebih irit dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.
    -Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.
    -Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.
    -Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.
    -Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan
    -Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.
    -Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.
    -Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.
    -Getaran yang terjadi lebih besar.
    -Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet.

    BalasHapus
  5. Chandra Widjaya saputra_Xav

    1. Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2. mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3. Kelebihan Motor 4-Tak

    1. Konsumsi bensin lebih irit dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.

    2. Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.

    3. Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

    4. Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.

    5. Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan

    1. Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.

    2. Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.

    3. Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.

    4. Getaran yang terjadi lebih besar.

    5. Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet

    BalasHapus
  6. achmad ridhan
    otto1
    1. Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2.2. mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3.2. Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.

    3. Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

    4. Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.

    5. Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan

    1. Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.

    2. Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.

    3. Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.

    4. Getaran yang terjadi lebih besar.

    5. Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet.

    BalasHapus
  7. Nama:Bagas Wahyu Firmansyah
    Kelas:x
    Otomotif 1
    Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2.mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3. Kelebihan Motor 4-Tak

    1. Konsumsi bensin lebih irit dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.

    2. Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.

    3. Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

    4. Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.

    5. Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan

    1. Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.

    2. Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.

    3. Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.

    4. Getaran yang terjadi lebih besar.

    5. Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet.

    BalasHapus
  8. Nama: Muhammad Rayhan Hidayat
    kls: X oto 1
    Mapel: Mulok



    1. Dua-stroke (atau dua-siklus) mesin adalah jenis mesin pembakaran internal yang melengkapi siklus kekuasaan dengan dua stroke (atas dan ke bawah gerakan) dari piston selama hanya satu putaran crankshaft. Hal ini berbeda dengan "mesin empat langkah", yang membutuhkan empat langkah piston untuk menyelesaikan siklus daya selama dua putaran poros engkol. Dalam mesin dua-stroke, ujung langkah pembakaran dan awal dari langkah kompresi terjadi secara bersamaan, dengan fungsi intake dan knalpot (atau pemulungan) terjadi pada saat yang bersamaan.

    2.mesin 4-tak memerlukan empat tahapan atau empat langkah piston dalam sekali siklusnya untuk menghasilkan tenaga mesin. Yakni Langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja, dan langkah pembuangan.

    3. Kelebihan Motor 4-Tak

    1. Konsumsi bensin lebih irit dan kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.

    2. Pada putaran rendah, motor dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.

    3. Setiap proses kerja diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

    4. Cocok untuk putaran tinggi karena sistem pembilasannya lebih baik.

    5. Pengaturan campuran udara dan bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.

    Kekurangan

    1. Konstruksinya lebih rumit karena adanya sistem katup.

    2. Bobot mesin untuk setiap satuan daya yang dihasilkan lebih besar.

    3. Daya yang dihasilkan lebih kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi satu kali usaha atau ekspansi.

    4. Getaran yang terjadi lebih besar.

    5. Sistem pelumasan harus sempurna agar mesin lebih awet.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama